Rabu, 20 Februari 2008

HaKIKAT iStigFAR

Dan barang siapa yg mengerjakan kejahatan dan menaniaya diri nya kemudian dia memohan ampun.niscahya dia mendapat ampunan dri nya.allah maha pengampun lagi maha pemyanyang (Qs annisa.4:110).
bahwa ayat tersebut menegaskan pd kita semua allah itu maha pengampun lagi maha penyayang.rasulullah juga bersabda:hai kalian manusia brtobatlah kalian pd allah dan beristigfarlah pdny.mk sesungguhnya aku bertobet pdnyb 100x per hari.(HR Muslim).nah kan rosulullah aza yg di bebasin dr dosa plus dijamin masuk surga massih mau beristigfar pada allah ,kenapa kita malas beristigfar pdnya...?namu tidak sedikit orang yg menyepelekan istigfar.kadang istigfar tuh hanya terucap di bibir saja.seseorang mungkin mampu mengucapkan istigfar sampai puluhan ratusan bahkan ribuan x.tapi sayang hati nya kurang mengikuti ucapan tsbt.
merunjuk pd opini Ali bin Abitholib,istigfar adalah nama yg berlaku pd 6 makna yaitu:
% stigfar harus bareng dengan penyesalan atas dosa*
% seseorang vharus bertekad untuk tidak mengulangi perbuatan yg berbau dosa sasmpai akhir hayatnya
%mengembalikan hak orang lain yg bukan milik qt hingga ketika berjumpa dengan allah qt bisa terlepas dr tuntutan orang lain.
% endaklah seseorang memperhatikan kewajiban*yg selama ini ia lalaikan.
% seseorang harus memperhatikan daging yg ada di tubuh mereka,itu hasuil dr yg haram tw yg halal.agar dia menyesali dengan kesedihan sampai tubuhnya kurushingga tumbuh lagi tubuh yg berasal dr hasil yg halal.
% seseorang harus merasakan sakitnya ketaatan seperti ia merasakan manismya kemaksiatan.
maka ketika seseorang tlah melakukan ke 6itu ia bisa dikatakan orang yg benar*bertobat.
bila lantunan istigfar berjalan dengan hati n sesuin dengan hakikat nya maka akan menambahkan banyak keutamaan,keutamaan di dunia juga di akhirat.nah termasuk klo qt penen pintr.
selamat mencobaaaaa!

Tidak ada komentar: